INTERNET

February 21st, 2016

SEJARAH INTERNET

Bagaimana internet bermula? Internet mula-mula dikembangkan di Amerika Serikat. Pada awal tahun 1960-an, Departemen Pertahanan Amerika membuat suatu jaringan komputer melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) yang disebut ARPANET. Mereka mendemonstrasikan perangkat keras dan perangkat lunak komputer berbasis UNIX, bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dalam jarak yang tidak berhingga melalui saluran telepon. ARPANET menghubungkan pusat-pusat penelitian departemen pertahanan dengan pusat-pusat penelitian di universitas-universitas Amerika Serikat. Data-data penting dibuat cadangan di berbagai tempat. Tujuannya adalah menghadapi kemungkinan terjadinya serangan nuklir dari negara lain (pada waktu itu dunia masih dalam suasana perang dingin). Pemikirannya, jika salah satu titik diserang, maka sistem jaringan masih tetap dapat berfungsi dan data-data penting tidak hilang. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan. Semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal untuk pengembangan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

ARPANET dibentuk secara khusus oleh empat universitas besar di Amerika yaitu: Stanford Research Institute, University of California di Santa Barbara, University of California di Los Angeles, dan University of Utah. Mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969 dan secara umum ARPANET mulai diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Pada tahun 1981, jumlah komputer yang tergabung dalam ARPANET hanya 213 komputer, kemudian pada tahun 1986 bertambah menjadi 2.308 komputer, dan menjadi 1,5 juta komputer di tahun 1993. Pada awal tahun 1980-an, proyek ARPANET dihentikan. Seluruh komputer dalam jaringan yang tercakup dalam proyek ARPANET mulai menggunakan protokol TCP/IP. Jaringan inilah yang menjadi koneksi utama (backbone) internet pada saat ini. Proyek percobaan tersebut akhirnya dilanjutkan dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation), suatu lembaga ilmu pengetahuan seperti LIPI di Indonesia. NSF lalu mengubah nama jaringan ARPANET menjadi NSFNET dimana jalur koneksi utamanya (backbone) memiliki kecepatan tinggi dan dihubungkan ke komputer-komputer yang ada di universitas dan lembaga penelitian yang tersebar di Amerika. Pemerintah Amerika Serikat mulai memberikan izin penggunaan internet ke arah komersial pada awal tahun 1990.

Pada awalnya, internet hanya menawarkan layanan berbasis teks, meliputi remote access, e-mail/messaging, maupun diskusi melalui newsgroup (Usenet). Saat itu, layanan berbasis grafis seperti web (World Wide Web atau WWW) belum ada. Yang ada hanyalah layanan yang disebut Gopher yang dalam beberapa hal mirip dengan layanan web, tetapi sistem kerjanya masih berbasis teks. Kemajuan berarti dicapai pada tahun 1990 ketika World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. Program browser web yang pertama lahir dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1992 dengan nama Viola. Apakah kamu tahu arti browser? Browser adalah perangkat lunak untuk menjelajahi internet (browsing). Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW. Browser pertama ini masih sangat sederhana, tidak secanggih browser modern yang digunakan saat ini.

Sementara itu, sebagian masyarakat Indonesia baru bisa menikmati layanan internet komersial sekitar tahun 1994. Sebelumnya, beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia telah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan internet melalui gateway yang menghubungkan komputer di universitas itu dengan jaringan komputer di luar negeri. Menurut situs Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia), Rahmat M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan nama-nama yang berjasa di awal pengembangan internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing tokoh telah menyumbangkan keahlian dan dedikasinya dalam mengembangkan jaringan komputer dan internet di Indonesia.

 

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM INTERNET BROADBAND

Pengertian Internet Broadband.

Internet broadband adalah istilah generik yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet dengan menggunakan teknologi broadband. Pengetian internet broadband secara harfiah berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya, proses akses internet dial-up sangatlah lambat, kecepatan koneksi dial-up terlalu lamban karena saluran telepon sangat sibuk saat mengakses internet. Faktor-faktor inilah membuat metode koneksi broadband ini disukai untuk mengakses internet.

Istilah broadband mengacu pada koneksi bandwidth internet. Istilah bandwidth umumnya digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet transfer data biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Dalam koneksi internet broadband, kecepatan transfer sangat tinggi dibandingkan dengan koneksi dial-up internet.

Macam-macam Internet Broadband

  1. ADSL dan SSL

ADSL adalah koneksi broadband yang paling umum digunakan. Hal ini banyak digunakan untuk keperluan rumahan dan komersial. ADSL merupakan saluran digital yang dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa mengganggu saluran telepon. ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps ke atas. Dalam kasus koneksi ADSL, kecepatan download lebih besar daripada kecepatan upload. Hal inilah sehingga diistilahkan dengan ‘asimetris’ karena perbedaan dalam kecepatan download dan upload.

SDSL mirip dengan ADSL, hanya berbeda dalam satu aspek, yaitu kecepatan upload. Koneksi internet broadband SDSL ditandai dengan kecepatan upload dan download identik. Hal ini bermanfaat untuk tujuan komersial dan bisnis jika memerlukan kecepatan upload yang tinggi. Biaya SDSL lebih mahal dibanding ADSL.

  1. Internet Broadband Wireless

Koneksi internet nirkabel adalah kebutuhan sepanjang hari. Saat ini, laptop, palmtop dan ponsel, semua memiliki koneksi internet nirkabel. Kecepatan proses download yang disediakan oleh jenis akses teknologi ini berkisar 128 kbps sampai 2 Mbps. Teknologi ini berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti ponsel, laptop dan kapsul.

  1. Koneksi Kabel Internet Boradband

Internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. Koneksi kabel internet broadband dibuat tersedia bersama dengan saluran TV kabel. Kabel koneksi internet broadband menyediakan kecepatan mula dari 2 Mbps sampai 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan di daerah perumahan di beberapa kota-kota besar. Hal ini lebih popular dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis koneksi internet ini adalah sama.

  1. Koneksi Internet Broadband Satelit

Semua bentuk koneksi broadband internet yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan jangkauan secara geografis, koneksi internet satelit broadband adalah solusi untuk masalah ini. Dalam jenis koneksi internet, satelit geostasioner menyedikan akses internet. Hal ini membutuhkan parabola dan diperlukan perangkat keras pendukung lainnya untuk menerima sinyal. Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis lain dari koneksi broadband. Pada koneksi satelit broadband factor cuaca mempengaruhi sebagian besar sinyal pada jenis koneksi internet broadband ini.

 

TUJUAN DARI SEBUAH ALAMAT IP DAN HUBUNGANNYA DENGAN NAMA DOMAIN

IP Address adalah sebuah alamat pada komputer agar komputer bisa saling terhubung dengan komputer lain. Tujuan utama dari alamat IP adalah untuk memberikan identitas ke perangkat jaringan .Internet Protocol , atau alamat IP berbeda dari nama domain . Alamat IP adalah serangkaian sebenarnya instruksi numerik . Ini adalah komunikasi informasi yang tepat tentang alamat dengan cara yang berguna untuk komputer tetapi tidak masuk akal untuk manusia. Nama domain berfungsi sebagai link ke alamat IP . Link tidak mengandung informasi yang sebenarnya, tetapi mereka arahkan ke tempat di mana informasi alamat IP berada . Hal ini mudah untuk berpikir bahwa alamat IP sebagai kode aktual dan nama domain sebagai nama panggilan untuk kode itu. Sebuah alamat IP yang khas terlihat seperti serangkaian angka . Ini bisa menjadi 232.17.43.22 , misalnya. Namun , manusia tidak dapat memahami atau menggunakan kode tersebut. Untuk meringkas , nama domain adalah bagian dari URL , yang menunjuk ke alamat IP . Alamat IP dan nama domain adalah dua identitas yang berbeda , namun peran mereka sama. Mereka terhubung dan saling mendukung satu sama lain , alamat IP perlu nama domain untuk berfungsi dengan baik . Begitu juga untuk nama domain , tidak dapat online tanpa terhubung ke alamat IP . Untuk contoh jika Anda mencari halaman situs tertentu , Anda biasanya akan mengetik nama domain untuk sampai ke sana . Apa yang terjadi di sini adalah nama domain mengkonversi ke alamat IP dan langsung ke situs.

 

FITUR DARI BROWSER DAN IDENTIFIKASI KOMPONEN DARI ALAMAT WEB

 

Fitur browser

Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Fitur umum yang terdapat pada web browser yaitu :

  1. Tombol navigasi, refresh,home,stop

Tombol navigasi terdiri dari tombol back dan forward, back berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya sedangkan forward untuk mengakses halaman selanjunya yang pernah dibuka. Tombol refresh digunakan untuk memuat kembali halaman web,tombol home digunakan untuk kembali ke halaman pertama browser tersebut. Tombol stop untuk menghentikan komunikasi antara web browser dengan server dan berhenti memuat halaman web.

  1. Address bar

Berfungsi untuk mengetik halaman atau web yang akan dikunjung

  1. Integrated search

Alat mesin pencari yang terintegrasi adalah fitur yang relatif baru di web browser . Hal ini memungkinkan memilih mesin pencari favorit Anda dan melakukan pencarian cepat dengan mengetikkan istilah pencarian .

  1. Tabbed browsing

Tab browser memungkinkan membuka banyak situs di jendela browser web tunggal. Sangat membantu ketika membaca beberapa situs pada saat yang sama.

  1. Bookmark

Bookmark berfungsi untuk menyimpan link atau alamat suatu blog, website di web browser kita sehingga suatu saat kita bisa membuka kembali dengan cepat.

  1. Session cookies

Menyimpan informasi selama pengguna menggunakan browser.

Salah satu browser yang memiliki fitur terlengkap adalah Mozilla Firefox. Berikut ini adalah fitur-fitur yang disediakan oleh Mozilla Firefox

  • Tabbed Browsing : Tab browser memungkinkan membuka banyak situs di jendela browser web tunggal sangat membantu ketika membaca beberapa situs pada saat yang sama
  • Integrated Search Engine : melakukan pencarian cepat dengan mengetikkan istilah pencarian
  • Autofill : membantu pengguna untuk menghafal password web
  • Save Tabs
  • Customization Options
  • Bookmarks : menyimpan link atau alamat suatu blog menyimpan link atau alamat suatu blog menyimpan link atau alamat suatu blog
  • RSS Feeds : Memungkinkan pengguna untuk membaca RSS / ATOM feed seperti browsing halaman web. Dan pengguna dapat menyimpan feed favorit mereka sebagai penanda.
  • Automatic Update : update secara otomatis
  • Password Manager
  • Find On Page Function
  • Zoom : memperbesar tampilan browser
  • Add Ons : fitur pengayaan
  • Spell Check : mengecek kesalahan ejaan saat mengetik
  • Open Source Development : membuka pengembangan untuk pihak ketiga
  • Seamless Download Manager
  • Synchronize : mensinkronisasi data di browser seperti setting, add-on, thema dan bookmarks dengan cara data-data tersebut di simpan di server kemudian ketika kita pindah computer atau memakai browser tersebutditempat lain, kita bisa  mensingkronkannya dengan browser lama kita
  • Parental Control
  • Session restore : mengembalikan ke keadaan semula jika firefox tiba-tiba tertutup
  • Pop-up blocker : memblokir iklan
  • Pishing protection : melindungi informasi keuangan

Identifikasi Komponen dari Alamat Web

https://www.google.co.id

Alamat web terdiri dari banyak komponen seperti diatas yaitu protokol, server dan domain

 

  1. Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.Domain memiliki beberapa level, yaitu:

  • Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti:.com (dotcommercial).net (dotnetwork).org (dotorganization).edu (doteducation).gov (dotgoverment).mil (dotmilitary).info (dotinfo)dllAda dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).
  • Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.
  • Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com. Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.

 

 

  1. Protokol

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol transfer yang menjadi standar dokumen web. Ketika mengakses informasi halaman web di internet, protokol inilah yang sedang kamu gunakan. awalan http pada https://www.google.co.id menunjukkan protocol transfer yang digunakan situs itu untuk mengirimkan data halaman-halaman web.

 

  1. Nama Host Komputer

WWW merupakan kepanjangan dari (World Wide Web) yang dapat diartikan sebagai suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari pada Internet. Dengan kata lain www juga bisa diartikan sebagai nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format.. Fungsi WWW sendiri sebenarnya adalah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan untuk dapat dipergunakan bersama.

 

CARA PENCARIAN YANG EFEKTIF DI WEB

 Di Web, Anda dapat menemukan informasi tentang topik yang Anda inginkan. Berikut ini adalah cara mencari informasi efektif di web

  1. Tekan ke sumber terpercaya

Banyak statistik yang dapat diandalkan, artikel dan informasi lainnya dapat ditemukan di website pemerintah dan pendidikan. Website ini mudah diidentifikasi karena nama domain mereka berakhir di Edu atau .gov. Selain itu, Anda dapat melakukan pencarian informasi ilmiah.

  1. Gunakan kata kunci yang spesifik
  2. Memahami dan menggunaan Boolean Logic atau penelusuran lanjutan

Logika Boolean menjadi kurang umum sebagai mesin pencari yang lebih menawarkan fitur pencarian lanjutan. Logika Boolean menggunakan kata-kata “and”, “or” dan “not” untuk menciptakan hubungan di antara istilah pencarian dan memungkinkan Anda untuk mempersempit pencarian.

And     : Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang kita cari. contoh sistem informasi maka masukan sistem and informasi

Or        : Mencari infornasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. contoh saus or sambal

Not      :  Hasil pencarian yang mengandung kata yang di depan, tapi tidak dibelakang

  1. Gunakan tanda (+), (-)

(+) digunakan untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi

(- ) digunakan untuk mengurangi hasil pencarian

  1. Gunakan Sinonim, Alternatif Ejaan dan Topik Terkait

Ketika Anda melakukan pencarian, perhatikan sinonim, ejaan alternatif dan kata kunci yang terkait dari topik Anda. Misalnya, jika Anda mencari informasi tentang anjing, Anda mungkin juga ingin mencari “anak anjing”, “taring” dan “hewan peliharaan”.

  1. Gunakan Search Engine yang berbeda-beda

Mesin pencari yang berbeda fungsi berbeda. Google dan Ask.com adalah link-peringkat mesin, yang berarti mereka mempertimbangkan relevansi dan pentingnya link yaitu link ke sebuah situs web dan situs website ke link . Di sisi lain, Yahoo dan altavista rank dengan isi umum. Mereka melihat kata kunci dalam metatag dan konten laman web. Oleh karena itu, mesin pencari yang berbeda memberikan hasil yang berbeda.

 

MANFAAT DAN RESIKO MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL/ MEDIA SOSIAL

 Media sosial atau jejaring sosial sangat digandrungi oleh masyarakat saat ini, baik masyarakat Indonesia maupun dunia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Ini tidak bisa dipungkiri lagi, setiap kali ada waktu luang hampir semua orang menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas online di media sosial.

Sosial media adalah alat berbasis komputer yang memungkinkan orang untuk membuat, berbagi, atau bertukar informasi, ide, dan gambar/video dalam komunitas dan jaringan virtual. Perkembangan teknologi informasi yang pesat merupakan salah satu penyebab boomingnya sosial media. Para web developer pun kini berlomba-lomba untuk mengembangkan berbagai sosial media yang dapat dinikmati oleh segala kalangan. Sebut saja Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan masih banyak lagi. Media social memiliki bermacam manfaat dan tentu mempunyai resiko tersendiri dalam penggunaanya.

 

Manfaat Media Sosial

  • Sosial Media Untuk Bersosialisasi

Manfaat sosial media tentu sesuai namanya yaitu untuk bersosialisasi. Namanya saja sudah sosial media, sudah jelas fungsi utamanya adalah sebagai media untuk bersosialisasi antar individu. Sosialisasi ini dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, tanpa batas waktu dan ruang, tapi terbatas pada koneksi, sinyal, dan kuota internet. Hal inilah tujuan utama dari sosial media, dan sukses menyedot banyak pengguna yang ingin bersosialisasi dan berkomunikasi dengan kerabatnya..

  • Sosial Media dapat mempertemukan Teman Lama.

Masih ada hubungannya dengan bersosialisasi, sosial media terkadang bisa membawa kita untuk bertemu teman lama, teman masa kecil, partner bisnis yang lost contact, bahkan bisa bertemu dengan saudara kandung yang terpisah lama. Ada beberapa kejadian, dimana dua orang saudara kembar yang hidupnya terpisah sangat jauh dan tidak saling mengenal, malah akhirnya bisa bertemu di dalam sosial media. Atau ada juga kejadian ketika kita melihat nama yang cukup familiar dan pernah kita kenal, dan ternyata itu adalah teman anda di masa kecil! Senang sekali bukan? Bisa bertemu dengan teman lama berkat sosial media.

  • Sosial Media Menemukan teman baru

Ini salah satu manfaat sosial media yang sangat menarik. Dari hasil bermain di sosial media, anda bisa mendapatkan teman-teman baru yang mungkin cocok dengan anda. Teman-teman baru ini bisa saja diperoleh dari hasil iseng-iseng dalam menggunakan sosial media. Bukankah menyenangkan bisa mendapatkan teman baru, dan menambah tali silaturahmi?

  • Meningkatkan Kepedulian

Saling sapa didalam situs jejaring sosial secara perlahan akan meningkatkan kualitas persahabatan, perhatian dan empati sesama teman yang saling terhubung secara online. Sapaan kepada teman lainnya membuat teman yang disapa merasa diperhatikan, berbagi photo, berbagi video, berbagi cerita, ini akan meningkatkan rasa kepedulian satu sama lain walaupun mereka tidak pernah bertemu secara nyata. Bentuk-bentuk perhatian seperti ini mampu mempererat tali persahabatan diantara teman dalam jejaring sosial maka secara alami mereka akan menjaga kualitas pertemanan mereka. Hal yang sederhana namun memberikan efek yang sangat baik dalam membentuk suatu komunitas yang saling menjaga persahabatan sesama teman.

  •  Sebagai media penghibur

Apakah anda sedang galau dan pusing dengan hidup, atau pekerjaan anda? luangkanlah waktu sejenak untuk bermain-main di sosial media. Anda dapat menemukan berbagai hal menarik yang menghibur. Mulai dari cerita-cerita lucu, gambar-gambar lucu, ataupun kutipan kutipan menarik yang dapat membuat anda rileks dan bisa melupakan galau dan pusing sejenak. Apabila anda sedang suntuk, anda juga dapat mencari berbagai hal menarik yang dapat menghibur anda di sosial media.

  • Penyaluran Hobi

Anda memiliki sebuah hobi, namun bingung untuk menyalurkannya? Atau tidak tahu dimana mencari orang-orang dengan hobi yang sama seperti anda? jangan khawatir, sosial media punya jawabannya. Ada banyak grup dan akun dari sosial media yang menjadi tempat berkumpulnya para pengguna dengan minat dan hobi yang sejenis. Ada komunitas kendaraan bermotor, komunitas hobi unik, komunitas kolektor, komunitas supporter, komunitas pencinta music, dan bahkan ada pula komunitas karyawan dengan jenis pekerjaan yang sama. Dalam komunitas ini, para pengguna sosial media dapat saling berbagi pengalaman, tips, dan banyak hal mengenai hobi dan kesamaan minat mereka.

  • Memberikan Berbagai Macam Informasi ter-update

Jalanan ini macet loh. Atau ada kecelakaan di depan kantor. Nah, informasi-informasi ini bisa kita temui dengan sangat mudah di dalam sosial media. Pengguna sosial media pun cukup terbantu dengan informasi-informasi seperti ini.

Selain itu, informasi ter-update, seperti berita terbaru, gossip, dan informasi lain seperti lowongan pekerjaan, informasi jual beli kendaraan, dan informasi lainnya pun dapat dengan mudah kita temui di sosial media. Hal ini sangat membantu para penggunanya dalam beraktivitas dan menjalani hari-hari.

  • Sosial Media Untuk Meminta Bantuan

Pengguna sosial media sangatlah banyak. Jumlahnya ratusan juta. Dan cukup lebih beberapa ratus atau beberapa puluh ribu penggunanya berdomisili di sekitar anda. Hal ini bisa dimanfaatkan anda dalam meminta bantuan. Contohnya adalah ketika kendaraan anda mogok di daerah tertentu, anda bisa meminta bantuan pada kerabat atau pengguna sosial media lainnya untuk membantu anda. Contoh nyatanya adalah banyaknya aksi penggalangan dana untuk orang yang membutuhkan dana operasi dsb.

  • Sosial Media untuk menambah pengetahuan

Pernah mendengar istilah kultwit? Ya, ini merupakan metode pemberian materi ilm pengetahuan yang bersifat mendidik di dalam sosial media twitter. Kultwit ini biasanya berisi materi tentang ilmu pengetahuan yang sifatnya popular, atau berisi tentang tutorial dalam melakukan sesuatu, seperti cara memasak, cara membuat kerajinan tangan, dan sebagainya.

  • Sosial Media untuk mencari uang

Nah, ini merupakan manfaat sosial media yang sedang ramai-ramainya dinikmati oleh penggunanya. Mencari uang. Bagaimana caranya? Caranya sangatlah mudah. Anda hanya tinggal mempromosikan usaha anda di sosial media. Buatlah iklan ada semenarik mungkin agar banyak calon pembeli yang tertarik. Selain itu, anda juga bisa menjual barang yang akan anda jual di sosial media. Cukup berikan foto dari barang yang anda jual, maka pengguna lain akan membeli dagangan anda.

 

Resiko Menggunakan Media Sosial

  1. Resiko reputasi

Reputasi, merk, dan goodwill merupakan asset yang dimiliki oleh personal maupun organisasi. Aset-aset tersebut dapat hilang ataupun mendapatkan “cap” jelek hanya karena adanya publikasi seseorang melalui media sosial. Apa yang anda keluhkan di media sosial, gaji minim, konflik dengan rekan kerja maupun atasan, secara tidak langsung akan dapat memengaruhi reputasi tempat anda bekerja. Atau kemungkinan yang lebih buruk, anda dianggap mencemarkan nama baik organisasi/seseorang atas apa yang anda keluhkan di media sosial.

  1. Resiko privasi

Media sosial dirancang agar penggunanya merasa nyaman dan dapat membagi informasi apapun, ke siapapun, serta mendapatkan feedback yang cepat atas hal yang diinformasikan. Tidak menjadi masalah jika informasi yang disebarkan memang layak disebarkan dan mendapatkan izin, namun ketika informasi itu tidak dipilah dan disaring terlebih dahulu, apalagi menyangkut dengan informasi sensitif ataupun bersifat rahasia, hasilnya akan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

  1. Resiko tindak kejahatan

Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan.

  1. Menimbulkan sifat candu

Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar. Pengguna media sosial cenderung asyik mengurung diri di kamar memainkan jari jemarinya di keyboard komputer atau keypad handphone mereka. Sehingga kebiasaan ini menyebabkan mereka menjadi tidak dikenal di masyarakat, tidak mengetahui ada info apa di lingkungan sekitar dan sebagainya. Jika pelajar mengalami kecanduan media social maka dampaknya akan menurunkan prestasi mereka di sekolah karena malas belajar.

  1. Resiko pornografi

Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home page yang dapat di akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.

Sumber :

Banowo, Agung., dan Irawan Eka Pradittya.2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

http://jaringankomputer.org/internet-broadband-pengertian-dan-jenis-jenis-koneksi-internet-broadband/

http://www.answers.com/Q/What_is_the_purpose_of_an_IP_address_and_what_is_its_relationship_to_a_domain_name

http://whatismyipaddress.com/domain-name

http://what-domain-names.blogspot.co.id/2010/09/relationship-between-domain-name-and-ip.html

http://teoriinternett.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-jenis-jenis-browser-dan.html

http://www.smooth-step.com/web-browsers/features

http://dosenit.com/software/browser/browser-terbaik

http://www.mouserunner.net/Firefox_Features_List

http://trhyputra07.blogspot.co.id/2012/12/jenis-jenis-browser-dan-fitur-fitur.htmlhttp://vianuza.blogspot.co.id/2015/06/komponen-komponen-web.html

http://www.indoza.com/2014/01/pengertian-www-http-dan-url-di-internet.html

http://internet-browser-review.toptenreviews.com/how-to-effectively-use-the-internet-for-research.html

http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html

http://s0s1al.blogspot.co.id/2013/03/manfaat-jaringan-sosial.html

http://manfaat.co.id/10-manfaat-sosial-media-di-berbagai-bidang

http://tatakelola.co/manajemen-risiko/risiko-media-sosial-dan-bagaimana-layaknya-organisasi-merespon/

 

Nama : Heni Nur Hidayati

NIM   : 15/386404/SV/09790

Leave a Reply